Sabtu, 20 Februari 2010

TUMBUHAN HUTAN BERKHASIAT

Diawal Februari lalu saya bersama 3 orang teman berkesempatan untuk berkeliling di ujung pulau Kalimantan, untuk suatu tugas, tepatnya kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur. Untuk mencapai lokasi tersebut kita harus naik speedboat kira-kira 3 jam baru kemudian dilanjutkan dengan mobil mengitari perbatasan Indonesia - Malaysia kira-kira 2 jam. Selama kurang lebih seminggu disana kami diperkenalkan oleh Pak Ginting, orang karo dari sumatera utara yang kebetulan bertugas disana, sebuah pohon atau mungkin lebih tepat disebut tumbuhan hutan yang cukup unik. Menurut beliau tumbuhan ini hidup di pohon-pohan besar yang sudah mati dan lapuk, tapi kadang-kadang bisa juga dijumpai di tanah jika kebetulan pohan mati yang menjadi tempat tumbuhnya tersebut tumbang atau ditumbang ketika membuka lahan.

Keunikan tumbuhan ini terutama terletak pada daunnya yang terdiri dari dua macam, satu berbentuk agak memanjang dengan lebar 3-5 cm , sedangkan daun satu lagi berbentuk agak bulat dengan diameter 3-5 cm.
Setiap daun yang tumbuh di pohon utama atau cabang-cabang selalu didahului oleh daun-daun bentuk memanjang baru kemudian mengarah ke unjung muncul daun-daun yang bulat. Khusus daun yang bulat, dibagian belakang daun terlihat urat daun yang bercabang dua, dan persis ditengah cabang urat daun tersebut terdapat bintik berwarna merah kira-kira sebesar mata pinsil. Di pangkal pelepah daun terdapat buah yang jumlahnya selalu dua dan terletak sejajar.
Menurut pak ginting, daun yang berbentuk memanjang adalah daun jenis laki-laki sedangkan daun berbentuk bulat adalah daun jenis perempuan (kayak manusia aja). Beliau sendiri menemukannya di hutan ketika membuka lahan kemudian dia menanamnya di depan rumahnya. Ada dua pohon setinggi kira-kira 75 cm terlihat di depan rumahnya. Bagus sekali dan kelihatannya sangat menarik jika di tanam sebagai tanaman hias di halaman rumah.
Yang lebih menarik lagi, konon ceritanya daun tumbuhan ini punya khasiat yang istimewa. Daun jenis laki-laki berkhasiat untuk meningkatkan dan memperbaiki vitalitas kejantanan pria. Sedangkan daun jenis perempuan berkhasiat untuk menyembuhkan keputihan, memulihkan kondisi wanita setelah melahirkan, bahkan kabarnya lebih hebat dari sari rapet. Caranya daun dikeringkan terlebih dahulu, setelah kering baru direbus kemudian air rebusannya diminum. Umumnya khasiatnya baru akan terlihat setelah diminum 3 - 5 kali. Tapi jangan sempat salah mengambil daun, misal bentuk bulat digunakan oleh pria atau daun bentuk memanjang digunakan oleh wanita,  akibatnya bisa tidak jelas, bukannya meningkatkan vitalitas tapi malah jadi mengkerut he he he.
Ketika ditanya nama tumbuhan tersebut ternyata tidak ada yang tau, seorang teman bilang "pohon cinta", malah ada lagi menyebutnya "Pohon Fuki", entahlah yang jelas bumi Indonesia yang kita cintai ini memang sangat kaya akan tumbuhan berkhasiat, hanya saja kita belum mengetahuinya. Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar